Rabu, 24 Oktober 2012

[Rekayasa Sistem] Minggu 1 - Pendahuluan

Diskusi #1

Akan diadakan suatu sistem peringatan sedini mungkin akan kemungkinan bahaya banjir pada tempat2 yang terancam banjir. Sistem akan mencakup serangkaian sensor untuk memonitor kecepatan perubahan ketinggian air sungai, hubungan ke sistem meteorologi yang memberikan ramalan cuaca, hubungan ke sistem komunikasi jasa darurat (polisi, penjaga pantai, dll), monitor video yang diinstal di berbagaio lokasi, dan ruang kontrol yang dilengkapi dengan konsol operator dan monitor video.


Kontroler dapat mengakses informasi database dan menghidupmatikan display video. Database sistem mencakup informasi tentang sensor, lokasi tem;pat yang beresiko, dan kondisi ancaman bagi tempat2 ini (misalnya, pasang tinggi, angin barat daya), tabel pasang untuk daerah pesisir, persediaan dan lokasi peralatan kontrol banjir, perincian kontak untuk jasa darurat, stasiun radio lokal, dsb.

Gambarkan diagram blok untuk arsitektur yang mungkin bagi sistem ini. Anda harus mengdeintifikasi sub-sistem utama dan hubungan di antaranya

Diagram Blok


Diskusi#2
Anda seorang perekayasa yang terlibat dalam pengembangan sistem keuangan. Pada saat instalasi, anda menemukan bahwa sistem ini akan mengakibatkan cukup banyak orang yang memiliki tugas yang sama. Orang2 pada lingkungan tsb tidak mau memberi anda akses pada informasi yang penting untuk melengkapi instalasi sistem. Sampai seberapa jauh anda, sebagai perekayasa sistem, terlibat dalam hal ini?
Sebagai perekaya sistem, anda seyogyanya memberikan edukasi kepada pihak-pihak terkait sebelum sistem akan diimplementasikan, sehingga keberhasilan proses implmentasi dapat sesuai dengan scenario yang telah dibuat.Apabila pihak-pihak terkait, enggan memberikan informasi penting tersebut, langkah paling bijaksana adalah mengembalikan keputusan ke internal perusahaan tersebut.

Apakah merupakan tanggung jawab profesional anda untuk melengkapi instalasi seperti tercantum pada kontrak?
Apabila tercantum dalam kontrak, maka menjadi tanggung jawab secara professional

Apakah anda harus mengabaikan pekerjaan sampai organisasi yang melakukan pengadaan tsb memecahkan masalah mereka?
Tidak, pendekatan-pendekatan selayaknya tetap dilakukan kepada organasisi tersebut.


1 komentar: