Minggu, 28 Oktober 2012

[TOS] Mozilla Public License

Mozilla Public License

Mozilla Foundation
Siapa yang tidak kenal nama besar Mozilla, kalangan umum mengenal nama tersebut melalui browser mereka yang mendunia, yaitu Mozilla Firefox. Dibalik itu ,sebenarnya Yayasan yang disebut Mozilla Foundation lah yang memegang peranan penting hingga terwujudnya berbagai aplikasi yang dikenal oleh banyak pihak. Selain mengembangkan berbagai perangkat lunak, Mozilla Foundation juga mengembangkan dan memelihara sebuah lisensi perangkat lunak, yang disebut "Mozilla Public License". MPL bersifat bebas, sumber terbuka dan lengkap. Memiliki karateristik penggabungan diantara BSD license dan GNU General Public Lisence (GPL) yang berusaha untuk menyeimbangkan antara kekhawatiran tentang kepemilikan dan pengembang open source.

Sampai saat ini MPL telah mengalami dua revisi, dengan versi terbaru 2.0 yang memiliki tujuan agar jauh lebih sederhana dan kecocokan yang lebih baik dengan beberapa lisensi lain.

MPL merupakan lisensi yang terdapat pada Mozilla Application Suite, Mozilla Firefox, Mozilla Thunderbird dan beberapa aplikasi buatan Mozilla yang lain, tetapi hal juga digunakan oleh pihak lain seperti Adobe, untuk melisensi Produk Flex mereka.

Oleh Free Software Foundation, MPL telah disetujui sebagai perangkat lunak yang bebas, serta oleh Open Souce Initiative sebagai lisensi perangkat lunak yang terbuka.Dengan MPL memperbolehkan kode sumber tertutup disatukan dengan file yang berbeda, meskipun itu merupakan file yang berlisensi.Namun meski begitu, kode file dengan lisensi MPL harus tetap mengikuti lisensi MPL dan bebas tersedia dalam bentuk kode sumber. Ini yang menyebabkan MPL merupakan bentuk kompromi antara lisensi MIT atau BDL, dimana mengijinkan semua karya turunannya dapat menjadi lisensi yang tertutup dan lisensi GPL, dimana mengharuskan karya turunan, bahkan komponen yang baru  tetap didalam lisensi GPL. Dengan mengijinkan modul berlisensi kedalam projek-projek turunan selama core inti files tetap bersifat terbuka. MPL dirancang untuk memotivasi kedua sisi baik secara bisnis maupun komunitas open source dalam membangun aplikasi.

Hak yang diberikan oleh Mozilla Public License utamanya dapat diartikan sebagai penerus dari "kontributor", yang membuat dan memodifikasi kode sumber ke bentuk lisensi. Dalam absennya hak cipta, sumber yang berlisensi MPL dapat secara bebas digunakan, dirubah maupun didistribusikan kembali. Versi dari kode yang berlisensi masih dapat tetap digunakan, disebarkan maupun dijual, tetapi tidak diperbolehkan untuk diubah tanpa mendapat ijin khusus.Selain itu, MPL tidak memberikan hak untuk kontributor merek dagang.

Untuk memenuhi ketentuan yang MPL, lisensi harus memenuhi beberapa "tanggun jawab", dimana sebagian besar mengenai distribusi perangkat lunak yang berlisensi. Penerima lisensi harus dapat menjamin semua akses file atau menyediakan semua kode sumber yang telah ditentukan oleh MPL, meskipun apabila perangkat lunak tersebut ditawarkan dalam bentuk jadi, atau digabungkan dengan  kode lain yang berlisensi tertutup.Satu pengecualian untuk meliputi semua file didalam MPL dapat terjadi mereka dikombinasikan dibawah GPL, LGPL atau AGLP. Dalam kasus ini , sang pembuat perangkat lunak yang menggabungkan hal tersebut dapat memilih untuk menggunakan lisensi GPL yang lebih ketat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar